Tahukah Kamu Bagaimana Kolesterol Dapat Menyebabkan Hipertensi?

Bahwa kolesterol memiliki hubungan dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) mungkin semua orang sudah tahu. Namun bagaimana kolesterol dapat menyebabkan hipertensi, belum tentu semua orang sudah tahu. Oleh karena itu, kami akan beri tahu semua.
Sebelumnya Anda perlu mengetahu bahwa tekanan yang dimaksud adalah tekanan dalam pembuluh darah. Sementara kolesterol adalah lemak dalam darah yang dapat menempel dan mengendap di pembuluh darah Anda.
Mari kita berimajinasi sejenak! Bayangkan Anda sedang menyiram bunga di halaman dengan menggunakan selang. Bayangkan pembuluh darah Anda sebagai selang air yang Anda pegang. Lalu bayangkan pula bahwa kolesterol itu adalah jempol tangan Anda. Jika kolesterol dalam darah meningkat melebihi batas normal, maka kolesterol yang berlebih tersebut akan menempel dan menumpuk di pembuluh darah (proses penumpukan kolesterol dapat Anda simak pada video di bawah). Semakin banyak kolesterol yang berlebih tersebut, maka akan semakin banyak pula yang menumpuk di pembuluh darah, menyebabkan diameter pembuluh darah semakin menyempit. Aliran darah yang melewati bagian yang menyempit tersebut akan menjadi lebih deras, sama ketika Anda menekan tepi selang dengan jempol Anda. Semakin dalam Anda menekan, semakin deras pula semprotan air yang keluar dari selang.
Akhirnya kamu tahu!

0 komentar:

Posting Komentar