Tahukah Kamu Mengapa AIDS Menjadi Penyakit Yang Mengerikan?


AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama HIV. Untuk memahami apa yang terjadi pada pasien dengan AIDS, kita cukup mengetahui kepanjangan dari AIDS dan HIV itu sendiri. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome artinya penyakit dengan gejala-gejala menurunnya imunitas atau kekebalan tubuh yang "didapat". Mengapa ada kata "didapat"? Karena ada juga penyakit dengan gejala-gejala tersebut yang diperoleh karena faktor genetik (diterima sejak lahir). Sementara HIV adalah kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus. Maksudnya, ya, virus yang menyebabkan gejala-gejala penurunan kekebalan tubuh tadi. Kekebalan tubuh terhadap apa? Terhadap segala bakteri, parasit, dan virus yang dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan terjadinya penyakit.


Nah, artinya kalau kekebalan tubuh menurun, segala macam jenis penyakit infeksi akan mudah menyerang tubuh, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Mulai dari infeksi otak sampai infeksi alat kelamin. Sebut saja penyakit infeksi yang Anda tahu (lihat gambar diatas). TBC dan diare adalah penyakit infeksi awal yang sering muncul. Lalu akan menyusul penyakit infeksi lainnya. Maka, pengidap AIDS akan meninggal karena penyakit-penyakit infeksi yang dideritanya.


Namun meskipun penyakit ini memang mengerikan, bukan berarti kita harus mengucilkan para penderita AIDS. Penyakit ini tidak akan menular dengan mudah, bahkan jika Anda berciuman dengan penderita AIDS sekalipun. Penyakit ini hanya menular melalui transfusi darah, berbagi alat suntik dengan penderita AIDS, dan melalui hubungan kelamin.

Akhirnya kamu tahu!

0 komentar:

Posting Komentar